TKI Dimutilasi di Malaysia Punya Nama Beda

TKI Dimutilasi di Malaysia Punya Nama Beda
TKI Dimutilasi di Malaysia Punya Nama Beda

jpnn.com - JAKARTA - Kasus mutilasi seorang perempuan yang terjadi di Kota Perak, Malaysia, masih memberikan pertanyaan. Hal tersebut dikarenakan belum pastinya identifikasi dari korban yang diakui merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI). Proses identifikasi melalui pencocokan data DNA menjadi proses terakhir untuk mengungkapkan korban sebenarnya.

Wakil Duta Besar Indonesia Untuk Malaysia Hermono mengatakan, kasus tersebut memang masih belum ditindaklanjuti oleh otoritas Malaysia. Pasalnya, dia masih menemukan ketidakcocokan informasi dari teman-teman korban di Malaysia dan pihak yang diduga kerabat di Indonesia. Kondisi tersebut membuat pihaknya belum bisa membuat kesimpulan dan mengupayakan proses pemulangan.

"Dari info yang didapat Kepolisian daerah Manjung, Kota Perak, teman-teman korban menyebutnya dengan nama Ana. Pada 6 Desember kemarin, korban ditemukan di karung dalam keadaan terpotong di rumah pacarnya. Laki-laki itu dipanggil Ari atau Bejo. Ditambah lagi, tak ditemukan identifikasi apapun di tempat-tempat terkait," jelasnya saat dihubungi Jawa Pos (induk JPNN.com) kemarin (10/12).

Identitas tersebut, lanjut dia, tak sama dengan pihak yang mengaku kerabat. Dalam pengakuan itu, nama korban merupakan Sri Panuti, 43, yang bekerja sebagai buruh perkebunan di Kota Perak. Mereka menganggap si korban sebagai keluarga karena mempunyai ciri-ciri yang sama. Kabar terakhir tentang Sri pun didengar dari seorang teman bernama Hendra. Kabar tersebut tentang Sri yang sedang kesulitan uang karena utang.

"Ciri-ciri mereka memang sesuai. Yakni, perempuan asal Batang, Jawa Tengah, yang mempunyai empat anak. Tapi, dua nama tokoh terkait berbeda. Bukannya Ana dan Bejo/Ari, tapi Sri Panuti dan Hendra. Karena itu, pihak Malaysia mengaku belum bisa memulangkan jasad korban karena identitasnya tak cocok," ungkapnya.

Karena itu, pihak KBRI sudah berkomunikasi dengan tim DVI untuk segera menyelesaikan proses pencocokan DNA. Saat ini, pihak otoritas Malaysia sudah mempunyai data postmortem. Tahap yang tersisa adalah pihak kepolisian Indonesia mengirimkan data antemortem dari pihak keluarga untuk dicocokkan.

"Kami harap proses identifikasi bisa berakhir maksimal pada 16 Desember nanti. Sesuai dengan batas waktu yang ada di sini. Kalau memang cocok, kami bisa langsung  meminta jasad untuk dipulangkan ke keluarga," terangnya.

Terkait penanganan kasus, Hermono menilai belum ada titik terang terkait pelaku. Pasalnya, sang pacar Bejo kini juga menghilang dengan nomor ponsel yang tak aktif. Sedangkan, nomor Hendra yang terakhir memberi kabar ke keluarga di Batang pun tak aktif.

JAKARTA - Kasus mutilasi seorang perempuan yang terjadi di Kota Perak, Malaysia, masih memberikan pertanyaan. Hal tersebut dikarenakan belum pastinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News