TKN Pastikan Jokowi Utamakan Operasi Kemanusiaan di Sulteng

TKN Pastikan Jokowi Utamakan Operasi Kemanusiaan di Sulteng
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (jas biru) bersama Publicist Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin (TKN Jokowi - Ma'ruf) Monang Sinaga. Foto: Fathan Gifari/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin (TKN Jokowi - Ma’ruf) menyampaikan dukacita mendalam bagi korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Politikus PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto selaku sekretaris TKN Jokowi - Ma’ruf menyatakan, gempa berkekuatan 7,7 SR di Donggala, Sulteng itu merupakan duka bagi seluruh Indonesia.

"Musibah ini gempa ini adalah duka Indonesia. Tidak hanya warga Sulawesi Tengah,” ujar Hasto, Sabtu (29/9).

Hasto memastikan Presiden Jokowi akan langsung memimpin operasi kemanusiaan guna membantu masyarakat di Sulteng yang terimbas gempa. “Pak Jokowi akan menempatkan skala prioritas penangganan korban dengan turun dan memimpin secara langsung operasi kemanusiaan,” tuturnya.

Menurut Hasto, kini saatnya mengobarkan solidaritas. Politikus PDI Perjuangan itu bahkan meyakini Presiden Jokowi akan mengesampingkan kegiatan kampanye demi mementingkan operasi kemanusiaan di Sulteng.

“Keeberpihakan utama Jokowi adalah rakyat, rakyat dan rakyat. Dengan demikian, berbagai urusan kampanye pun pasti akan ditinggalkan dan Pak Jokowi akan lebih memilih memimpin penangganan korban secara langsung,” tegasnya.

Politikus asal Yogakarta itu menambahkan, gempa memang sulit diprediksi. Yang penting, katanya, pemerintah pusat dan daerah bisa bereaksi cepat membantu para korban.

Buktinya, Basarnas, TNI, Polri dan PMI langsung bergerak memberikan pertolongan. “Indonesia yang berada di posisi ring of fire, membuat semua pihak diharapkan untuk selalu waspada dan tahu bagaimana bereaksi dalam situasi gempa, termasuk bila ada potensi tsunami,” tegasnya.

Hasto juga memastikan PDIP akan mengerahkan organ sayapnya, Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) ke Sulteng secepatnya. “Saatnya semua pihak memberikan bantuan. Semoga warga Donggala bisa bangkit atas musibah ini," tandas Hasto.(boy/jpnn)


Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin (TKN Jokowi - Ma’ruf) menyampaikan dukacita mendalam bagi korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulteng.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News