TNI AL Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua untuk Prajuritnya

TNI AL Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua untuk Prajuritnya
Seorang anggota Korps Anggota Wanita Angkatan Laut (Kowal) mengikuti vaksin tahap kedua di GOR Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur pada Selasa (23/3). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI Angkatan Laut (TNI AL) kembali melaksanakan vaksinasi covid-19 tahap kedua untuk prajurit yang berdinas di jajaran Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal).

Vaksinasi yang berlangsung di GOR Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur pada Selasa (23/3) ini melibatkan vaksinator dari Pusat Kesehatan (Puskes) TNI, TNI AL, dan TNI Angkatan Udara.

Vaksinasi tahap kedua akan dilaksanakan selama dua hari, 23 dan 24 Maret 2021. Tercatat sekitar 2.000 vaksin disiapkan untuk hari pertama termasuk 500 vaksin di antaranya merupakan jalur tambahan bagi prajurit yang belum berkesempatan melaksanakan vaksin dosis pertama beberapa waktu lalu.

Sementara pada hari kedua juga akan disiapkan sebanyak 2.000 vaksin.

Kepala Subdinas Kesehatan Preventif (Kasubdiskesprev) Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal) Kolonel Laut (K) dr. Sujoko Purnomo selaku Koordinator pelaksanaan vaksin Mabesal mengatakan pada pelaksanaan vaksin tahap kedua ini berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya. Mekanisme dimulai dengan register (tanpa pre register), tensi, screening yang terdiri dari 16 pertanyaan sesuai dengan standar Kemenkes RI, Vaksinasi, dan observasi.

TNI AL Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua untuk Prajuritnya

Suasana vaksinasi tahap kedua kepada prajurit TNI AL di GOR Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur pada Selasa (23/3). Foto: Dispenal

Menurut Kasubdiskesprev, evaluasi dari pelaksanaan vaksin dosis pertama tidak ditemukan adanya prajurit yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Namun, seandainya ditemukan gejala KIPI ringan dan sedang maka akan dilakukan observasi, tetapi KIPI dengan gejala berat akan dievakuasi ke RSAL dr. Mintohardjo dengan menggunakan ambulans.

TNI Angkatan Laut (TNI AL) kembali melaksanakan vaksinasi covid-19 tahap kedua untuk prajurit yang berdinas di jajaran Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News