TNI AL Tanamkan Rasa Cinta Bahari pada Generasi Muda Melalui Latihan Selam

TNI AL Tanamkan Rasa Cinta Bahari pada Generasi Muda Melalui Latihan Selam
TNI AL dalam hal ini Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut (Dispotmaral) menggelar kegiatan Pelatihan Selam Dasar Tahun 2023 di Kolam Renang Tirto Sagoro Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (27/10). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut (Dispotmaral) menggelar kegiatan Pelatihan Selam Dasar/Discover Scuba Diver (DSD) Tahun 2023 di Kolam Renang Tirto Sagoro Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (27/10).

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada anak muda agar memiliki rasa cinta bahari yang tinggi sehingga nantinya dapat diberdayakan untuk ikut berperan serta menjaga ekosistem di laut.

Pelatihan selam dasar yang bekerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta di wilayah DKI Jakarta ini diikuti oleh 45 orang peserta yang merupakan pelajar SMA dan SMK se-Jabodetabek selama 3 hari, 27-29 Oktober 2023.

Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) dalam keterangan tertulis pada Minggu (29/10), menyebutkan untuk menjadi seorang penyelam tentunya tidak hanya dibutuhkan fisik yang sehat dan kuat. Namun, perlu pemahaman dasar penyelaman untuk mendukung kemampuan menyelam yang dimiliki.

Oleh sebab itu, para peserta dibekali teori pengenalan dan pelatihan selam dasar yang dilaksanakan di Kolam renang Tirto Sagoro Mabesal. Kemudian dilanjutkan pelaksanaan praktik yang akan dilaksanakan di Pulau Payung Kepulauan Seribu, Jakarta.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu langkah TNI AL sebagai Pembina Potensi Maritim dan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menjelaskan bahwa TNI AL berperan melaksanakan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertujuan untuk mewujudkan alat dan kondisi juang yang tangguh, berkarakter kebangsaan yang kuat dengan melaksanakan pembinaan cinta bahari serta mampu diberdayakan untuk kepentingan pertahanan negara di laut.(fri/jpnn)

TNI AL memberikan pengetahuan dan wawasan tentang selam dasar kepada anak muda agar memiliki rasa cinta bahari yang tinggi.


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News