TNI AU Gelar Latihan Angkasa Yudha, Uji Doktrin Swa Bhuwana Paksa

TNI AU Gelar Latihan Angkasa Yudha, Uji Doktrin Swa Bhuwana Paksa
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Foto: dok TNI AU

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan latihan Angkasa Yudha adalah sarana terbaik untuk menguji doktrin Swa Bhuwana Paksa dan turunannya, termasuk implementasi proses Pengambilan Keputusan Militer.

Pernyataan tersebut disampaikan Kasau pada acara pembukaan Latihan Angkasa Yudha 2021, secara telekonferensi di ruang Theater Pusoyu, Seskoau, Lembang, Senin (25/10).

Kasau mengatakan latihan ini juga untuk menguji kesiapan operasional satuan melalui skenario latihan yang telah direncanakan.

Selain itu juga, sebagai refleksi hasil pembinaan yang dilaksanakan di bidang intelijen, operasi, personel, logistik, komlek, serta berbagai bidang lainnya.

“Laksanakan latihan dengan senyata mungkin, sehingga mengetahui kondisi riil kita saat ini, sebagai lesson learned untuk melaksanakan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan," tegas Kasau.

Marsekal TNI Fadjar menambahkan latihan Angkasa Yudha ini adalah wujud profesionalisme, sekaligus bentuk pertanggungjawaban moril TNI Angkatan Udara kepada seluruh rakyat Indonesia.

Geladi posko Angkasa Yudha 2021 dilaksanakan mulai tanggal 25 sampai dengan 31 Oktober 2021.

Adapun posko dilaksanakan melalui telekonferensi di Seskoau, Makoopsau I, dan Makoopsau II.

Latihan Angkasa Yudha yang dilakukan TNI AU adalah sarana terbaik untuk menguji doktrin Swa Bhuwana Paksa dan turunannya, termasuk implementasi proses Pengambilan Keputusan Militer.