TNI AU Segera Diperkuat Super Hercules Modern, Bisa Bawa APC M113

TNI AU Segera Diperkuat Super Hercules Modern, Bisa Bawa APC M113
Lockheed Martin C-130J Super Hercules Tactical Medium Transport Aircraft (1999). Foto: United States Department of Defense DIVDS imagery database.

jpnn.com, JAKARTA - Angkatan Udara Tentara Nasional Indonesia segera mendapatkan tambahan kekuatan alat utama sistem pertahanan atau alutsista.

TNI AU akan kedatangan pesawat angkut jenis C-130J Super Hercules, yang saat ini sedang diproduksi oleh Lockheed Martin.

C-130J Super Hercules yang akan diterima TNI AU merupakan Hercules seri terbaru yang didisain secara modern versi militer, baik teknologi mesin pesawat maupun sistem avioniknya.

"Dengan diperolehnya pesawat dengan mesin, teknologi dan sistem avionik yang modern, merupakan suatu langkah yang besar bagi TNI AU untuk menyesuaikan doktrin Operasi Angkutan Udara," kata Kepala Staf AU Marsekal Fadjar Prasetyo usai mengunjungi dan melihat proses produksi pesawat di Lockheed Martin, AS, pekan lalu.

Marsekal Fadjar menyebut Super Hercules yang dipesan Indonesia sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan dan fasiltas pendukung, di antaranya tempat duduk navigator dan juru mesin di kokpit.

Selain itu, kargo pesawat juga dilengkapi dengan portable passenger seat, toilet, dan pantry serta wiring yang siap digunakan untuk memudahkan loading-unloading barang di pesawat.

Kepada pihak Lockheed Martin, KSAU berharap adanya jaminan ketersedian dan keberlangsungan suku cadang pesawat, terutama ketersediaan suku cadang sejak awal pesawat dioperasionalkan oleh TNI AU, termasuk juga suku cadang yang bersifat urgen atau mendesak.

Hal lain yang menjadi atensi KSAU adalah pelaksanaan pelatihan yang komprehensif, baik untuk air crew dan ground crew TNI AU, agar mendapatkan kemampuan terbaik dalam mengoperasikan pesawat tersebut.

Marsekal Fadjar menyebut Super Hercules yang dipesan Indonesia sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan dan fasiltas pendukung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News