Sabtu, 21 Oktober 2017 – 11:37 WIB

TNI Wajib Jaga Hubungan dengan Tentara Diraja Malaysia

Kamis, 12 Oktober 2017 – 19:06 WIB
TNI Wajib Jaga Hubungan dengan Tentara Diraja Malaysia - JPNN.COM

jpnn.com, PONTIANAK - Tentara Nasional Indonesia (TNI) berkolaborasi dengan Tentara Diraja Malaysia (TDM) melakukan patroli pengamanan perbatasan darat kedua negara mulai 10 hingga 19 Oktober.

Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura Kolonel Inf Tri Rana Subekti mengatakan, selain sebagai simbol kebersamaan, kegiatan itu juga merupakan bentuk aplikasi eratnya persahabatan antara kedua institusi.

Selain itu, lanjut dia, patroli juga berdampak positif untuk mengontrol aktivitas pelintas batas.

Patroli juga dapat mencegah terjadinya kejahatan terorganisasi yang terjadi di lintas perbatasan negara.

"Seperti illegal logging, illegal mining, trafficking, dan kriminalitas seperti kejahatan narkoba yang kerap memanfaatkan celah yang ada di wilayah perbatasan kedua negara. Patroli ini diyakini banyak memberikan berbagai dampak lain yang timbul di perbatasan," ucap Tri kepada Rakyat Kalbar, Rabu (11/10).

Dia menambahkan, masalah kawasan perbatasan merupakan fenomena yang senantiasa menjadi fokus perhatian dari semua negara di dunia.

Menurut dia, prajurit Yonif 123/Rajawali yang bertugas di perbatasan diminta senantiasa menjalin hubungan yang harmonis dengan prajurit Tentara Diraja Malaysia.

“Laksanakan tugas dengan dasar kehormatan agar kegiatan patroli ini senantiasa dapat dicapai sebagaimana mestinya. Laksanakan dengan sungguh-sungguh namun tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, baik personel maupun materiel," ujar Tri. (oxa)

SHARES
loading...
loading...
Komentar