Tokoh Pemuda Pastikan Lukas Enembe Bukan Kepala Suku Besar Papua

Tokoh Pemuda Pastikan Lukas Enembe Bukan Kepala Suku Besar Papua
Ketua Gerakan Pemuda Jayapura Jack Puraro. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, JAYAPURA - Ketua Gerakan Pemuda Jayapura Jack Puraro memastikan Lukas Enembe bukanlah kepala suku besar di Papua sebagaimana klaim sekelompok orang selama ini.

Jack menyatakan Papua bukan hanya milik satu suku, melainkan banyak suku. Bahkan, setiap suku memiliki perangkat adat yang terstruktur dalam sistem kepemimpinan tradisional.

"Ada Ondofi, kepala suku, kepala kerep, sampai kepada pesuruh-pesuruh," ujarnya dikutip dari Antara, Sabtu (8/10)

Dia menjelaskan dewan adat di tanah Tabi, yang wilayahnya meliputi Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, dan Kabupaten Sarmi, tidak pernah memberikan legitimasi kepada Lukas Enembe sebagai kepala suku di Papua.

"Kalau di wilayah Lapago dan Meepago mengangkat Lukas sebagai kepala suku, itu kewenangan dari masyarakat adat di sana. Akan tetapi, kalau untuk membawahi seluruh tanah Papua, orang yang telah memberikan pernyataan seperti itu untuk segera mengklarifikasi," katanya.

Dia meminta semua pihak untuk tidak membangu opini bahwa Papua ini memiliki satu kepala suku besar seperti Lukas Enembe.

Menurut dia, opini seperti itu sengaja dibangun untuk jadikan masyarakat Papua sebagai tameng dan membentengi Lukas Enembe yang diduga bangkang terhadap panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Masyarakat yang masih berjaga-jaga di rumah kediaman Lukas Enembe, menurut Jack, memiliki hubungan emosional dengan Lukas Enembe.

Salah satu tokoh pemuda, Jack Puraro memastikan Lukas Enembe bukan sebagai kepala suku besar di Papua.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News