Lukas Enembe Ditangkap, Pengamat Puji Langkah KPK di Era Firli Bahuri

Lukas Enembe Ditangkap, Pengamat Puji Langkah KPK di Era Firli Bahuri
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat hukum Masriadi Pasaribu mengapresiasi keberhasilan KPK dalam melakukan upaya paksa atau penangkapan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe.

Dia mengatakan lembaga pimpinan Firli Bahuri itu telah menunjukkan langkah tegas dan terukur.

Dengan demikian, proses penegakan hukum atas perkara dugaan suap dan gratifikasi terhadap Lukas Enembe dapat dituntaskan.

“Jempol buat KPK. Kita tahu dalam konteks kasus ini tidak mudah. Banyak halangan dan rintangan. Penuh peristiwa juga drama. Namun, akhirnya (Lukas Enembe) berhasil ditangkap,” kata Masriadi Pasaribu, Rabu (11/1).

Dia menyampaikan strategi dan pendekatan yang diterapkan KPK pada konteks penanganan perkara Lukas Enembe sudah benar.

Langkah KPK, menurut Masriadi, sangat kalkulatif dan hati-hati dengan tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip seperti akuntabilitas, kepentingan umum, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

“Saya kira ini juga tidak lepas dari kepemimpinan Firli Bahuri, ya. Dia punya kecerdasan lapangan karena pengalaman di kepolisian, juga mampu membangun komunikasi dan kerja sama yang baik dengan Polri, TNI, dan pihak-pihak terkait,” ungkapnya.

Masri menambahkan sejak awal dirinya percaya KPK sungguh-sungguh dalam mengusut kasus dugaan suap dan gratifikasi yang melibatkan Lukas Enembe.

Pengamat hukum Masriadi Pasaribu mengapresiasi keberhasilan KPK di era Firli Bahuri yang menegakkan hukum dengan menangkap Gubernur Papua Lukas Enembe.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News