Tol Cikapali Dianggap Matikan Angkutan Jarak Pendek

Tol Cikapali Dianggap Matikan Angkutan Jarak Pendek
Ilustrasi.dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Pengoperasian Tol Cikopo-Palimanan (Cikapali) dinilai lebih berdampak positif bagi angkutan darat penumpang dan barang yang berjarak jauh. Dimana tol tersebut dapat memperpendek waktu jarak tempuh bagi angkutan jarak jauh.

"Memang dampak positifnya itu bisa memangkas waktunya lebih cepat," ujar mantan Ketua Umum DPP Organisasi Angkutan Darat (Organda) Eka Sari Lorena di Jakarta, Rabu (17/6).

Sayangnya, dampak positif tersebut dirasa tidak mengena bagi angkutan umum jarak dekat. Sebab masyarakat akan memilih menggunakan kendaraan pribadi karena sudah ada fasilitas jalan bebas hambatan, yang dinilai lebih efektif dibanding menggunakan angkutan umum.

"Angkutan umum tetap jadi primadona kalau jaraknya jauh, tapi kalau angkutan jarak dekat ini yang dilematis bagi mereka," beber Eka.

Karena itu, Eka berharap pemerintah juga memikirkan nasib angkutan jarak dekat. Setidaknya, kata Eka pemerintah menfasilitasi angkutan jarak dekat yang kehilangan penumpang karena beroperasinya tol Cikapali.

"Pemerintah tidak hanya bisa bicara soal dari-ke saja, tapi bagaimana ketika sampai di suatu daerah, orang itu nantinya bisa bermobilitas. Jadi angkutan jarak dekat tetap dibutuhkan, di sinilah pemerintah harus turun tangan dengan kehilangan penumpang ini," pintanya. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Pengoperasian Tol Cikopo-Palimanan (Cikapali) dinilai lebih berdampak positif bagi angkutan darat penumpang dan barang yang berjarak jauh.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News