Tolak Gunakan CAT, Banyak Instansi tak Dapat Formasi

Tolak Gunakan CAT, Banyak Instansi tak Dapat Formasi
Tolak Gunakan CAT, Banyak Instansi tak Dapat Formasi

jpnn.com - JAKARTA - Langkah tegas diambil Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dalam pelaksanaan tes CPNS 2014. Sekitar seratusan instansi pusat dan daerah gagal mendapatkan formasi CPNS lantaran tidak mau menggunakan sistim computer assisted test (CAT).

"Tahun ini, seluruh instansi pemerintah wajib menerapkan CAT. Jadi tidak boleh ada kata tidak. Pendaftaran juga dilakukan secara online dan terintegrasi," tegas MenPAN-RB Azwar Abubakar di Jakarta, Rabu (2/7).

Dia menyebutkan, total instansi pusat dan daerah yang mendapatkan formasi CPNS 2014 sebanyak 482 dari sekitar 600 instansi. Dengan demikian sekitar 118 instansi tidak menyelenggarakan seleksi CPNS.

"Kalau tahun lalu saya masih beri kelonggaran. Nah tahun ini hanya instansi yang mau pakai CAT bisa mengadakan seleksi CPNS," terangnya.

Dijelaskan Azwar, CAT merupakan metode tes dengan bantuan komputer, yang sejak beberapa tahun sebelumnya dicreate oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). CAT ini bukan saja untuk tes kompetensi dasar (TKD) CPNS, tetapi juga diterapkan untuk ujian-ujian lain bagi PNS.

"Untuk pelaksanaan TKD CPNS tahun ini akan dilaksanakan di 2.304 titik lokasi. Selain menggunakan fasilitas milik BKN, CAT juga menggunakan fasilitas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Langkah tegas diambil Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dalam pelaksanaan tes CPNS 2014.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News