Tolak Jual Obat Generik, Izin Apotek Dicabut

Tolak Jual Obat Generik, Izin Apotek Dicabut
Tolak Jual Obat Generik, Izin Apotek Dicabut
JAKARTA— Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari mengancam bakal mencabut izin apotek yang menolak menjual obat generik. Hal tersebut ditempuh untuk membuka akses masyarakat mendapatkan obat murah sekaligus membuktikan komitmen pemerintah untuk meningkatkan akses kesehatan masyarakat.

 

"Kami akan peringatkan keras. Kalau perlu dicabut izinnya,’’ kata  Siti usai upacara pelantikan pejabat eselon II Departemen Kesehatan (Depkes) di Gedung Depkes di Jakarta kemarin (18/01).

     

Meskipun izin pembukaan apotek di daerah dikeluarkan oleh pemerintah daerah (Pemda), namun Siti mengingatkan bahwa, izin Pemda wajib disertai SK (Surat Keputusan) Depkes. "Itu tidak masalah buat kami," terangnya.

     

Pada kesempatan itu, Siti juga berujar, bakal menutup akses pasar penyediaan obat pemerintah, terhadap industri farmasi yang tidak patuh kepada pemerintah. Salah satu indikasi ketidakpatuhan itu, terang Menkes, adalah dengan menolak membeli bahan baku obat bersubsidi tahun 2009 dari intitusi yang ditunjuk Depkes. "Kalau (industri farmasi, Red) mau beli bahan baku obat ditempat lain, silahkan. Tapi silakan cari pasar sendiri, jangan ambil pasar pemerintah," tegasnya.

     

JAKARTA— Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari mengancam bakal mencabut izin apotek yang menolak menjual obat generik. Hal tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News