Tolikara Rusuh, Ini Tindakan Puan Maharani

Tolikara Rusuh, Ini Tindakan Puan Maharani
Puan Maharani. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, kerusuhan di Tolikara diduga karena bantuan dana antardistrik yang tak adil.

"Memang ada laporan pemberian bantuan, respect yang tidak terbagi secara adil merata‎," ujar Puan saat ditemui di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (26/4).

Dana respect itu sejatinya merupakan b‎antuan langsung dari pemerintah provinsi. Tujuannya untuk pemberdayaan masyarakat melalui dana otonomi khusus yang diambil dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

"Saat ini saya masih mengecek apakah bantuan itu masih terus dilakukan, lalu siapa yang melakukan distribusinya," ‎ucapnya. ‎

Puan mengaku sudah mengirim tim untuk meninjau Distrik Panaga dan Gika di Kabupaten Tolikara. Pihaknya masih menunggu laporan lengkap benar tidaknya kerusuhan akibat bantuan dana antardistrik yang tidak merata.

"T‎im pemerintah sudah di Tolikara untuk melakukan segala sesuatu yang diperlukan. Sehingga kalau itu benar terjadi jangan sampai terjadi lagi, atau smakin melebar," tuturnya. ‎

‎Sesuai kewenangan, Puan pun meminta ‎Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk tetap siap siaga memantau daerah di Tolikara dan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat. ‎(dna/JPG)

 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News