Top, 5 Pelajar SMAN 1 Bengkulu Menciptakan Permen Antikanker

Top, 5 Pelajar SMAN 1 Bengkulu Menciptakan Permen Antikanker
Permen anti kanker yang dibuat oleh pelajar SMAN 1 Kota Bengkulu. ANTARA/Anggi Mayasari

jpnn.com - KOTA BENGKULU - Sebanyak lima pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, menciptakan permen antikanker.

Ya, permen antikanker itu dihasilkan dari tiga jenis rumput liar yang mudah ditemukan, yakni rumput teki, rumput mutiara, dan daun ketapang.

Ketua Tim Karya Tulis Ilmiah (KTI) SMAN 1 Kota Bengkulu Muhammad mengatakan ide awal pembuatan permen antikanker itu karena angka kasus kanker di Indonesia cukup tinggi.

“Kami berinovasi membuat permen antikanker. Sebab, lebih baik mencegah daripada mengobati,” katanya di Bengkulu, Selasa (21/2).

Sebelum memilih tiga jenis rumput liar tersebut, Muhammad dan empat temannya, Zacky Al Rozaq, Junita Pebriani, Dian Ayu Anggraeni, dan Wetta Tri Sabaniah, melakukan penelitian dan uji coba puluhan jenis rumput liar di laboratorium sekolah dan farmasi.

Dari hasil penelitian tersebut, rumput teki, rumput mutiara dan daun ketapang mengandung flavonoid yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat mencegah kanker.

Untuk bahan permen antikanker tersebut, sama dengan pembuatan permen seperti biasa, namun, alami dan sehat untuk tubuh,  seperti menggunakan gula, air dan lainnya.

"Untuk proses pembuatannya sama dengan pembuatan permen, namun kami menggunakan rumput liar sebagai bahan utamanya," ujarnya.

Permen antikanker ini dapat membantu menekan kasus pengidap kanker di Indonesia, khususnya Bengkulu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News