TOP! AAL Bakti Sosial di Pulau Giligenting

TOP! AAL Bakti Sosial di Pulau Giligenting
Akademi Angkatan Laut (AAL) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Pulau Giligenting Sumenep, Madura. FOTO: Dispen AAL for JPNN.com

jpnn.com - MADURA - Akademi Angkatan Laut (AAL) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Pulau Giligenting Sumenep, Madura. Pengabdian masyarakat dalam bentuk bakti sosial tersebut merupakan pelaksanaan dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan ini diikuti oleh 90 peserta terdiri dari Taruna AAL, Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Unair, Dosen AAL dan Unair. Hadir pula Wakil Gubernur AAL Laksamana Pertama TNI R. Edi Surjanto dan sejumlah pejabat utama AAL.

Wakil Gubernur AAL berpesan kepada Taruna AAL dan mahasiswa agar memanfaatkan momen kegiatan ini untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman serta mempelajari kultur masyarakat yang tinggal di pulau, sehingga dapat menjalin komunikasi yang dialogis dan harmonis dengan masyarakat.

Pada kegiatan ini dilaksanakan penyuluhan tentang pengolahan dan pengawetan ikan hasil tangkapan nelayan yang aman untuk kesehatan, penanaman Kelapa Hibrida dan pemberian sembako kepada 40 KK warga setempat. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Taruna untuk melaksanakan latihan selam. 

Dinas Penerangan AAL dalam siaran pers diterima, Selasa (17/5) menyebutkan, lokasi ini dipilih karena disamping dapat dijangkau lewat darat dan lewat laut dengan menggunakan KAL Taruna. Daerah ini akan dikembangkan sebagai tujuan wisata bawah air khususnya wisata selam oleh pemerintah daerah setempat.

Pulau Giligenting  juga sangat refresentatif untuk dikenalkan kepada Taruna AAL dengan masyarakatnya yang mayoritas adalah nelayan.

Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa setiap Perguruan Tinggi wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Letkol Laut (KH) Khairun Khalid selaku koordinator kegiatan ini mengatakan program pengabdian   masyarakat  selalu aktif diselenggarakan oleh AAL. Sebab hal ini sejalan dengan visi dan misi AAL.

MADURA - Akademi Angkatan Laut (AAL) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Pulau Giligenting Sumenep, Madura. Pengabdian masyarakat dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News