TOP! Indonesia Punya Wakil di Organisasi Pramuka Asia Pasifik

TOP! Indonesia Punya Wakil di Organisasi Pramuka Asia Pasifik
Adhyaksa Dault. Foto: JPNN

jpnn.com - GWANGJU – Indonesia menempatkan satu wakil di Asia Pacific Regional (APR) Scout Committee alias organisasi pramuka Asia Pasifik periode 2015-2021. Adalah Ahmad Rusdi yang bakal mengemban amanah itu.

Kak Rusdi memang punya pengalaman segudang di pramuka. Saat ini, dia menjabat sebagai Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka bidang Hubungan Luar Negeri. Pria yang juga menjadi Ketua Protokol Negara itu merupakan sosok pramuka sejati sejak kecil.

“Saya sangat senang sekaligus bersyukur bisa tergabung di APR Scout Committee. Ini amanah yang tidak ringan, membawa nama baik gerakan pramuka, bangsa dan negara. I’ll do my best. Mohon doanya ya,” terang pria 58 tahun itu sesaat setelah namanya diumumkan, Rabu (4/11).

Komite Pramuka se-Asia Pasifik merupakan  badan antarorganisasi kepramukaan di dalam sistem Organisasi Kepramukaan Dunia ( World Scout Movement). Badan itu bertugas memperkuat dan meningkatkan gerakan kepramukaan di Asia Pasifik.

Selain Indonesia,  negara lain yang terpilih adalah Korea Selatan (Simon Hang-Bock Rhee), India (Shri Baidas Ishwar Nagarale), Taiwan (Ie-Bin Lian), Singapura (Chay Hong Leng),  dan Malidives (ahmed Ali Maniku). 

Pemungutan dilakukan secara tertutup di Kimdaejung Convention Center, Gwangju. Saat itu, sebanyak 150 suara dari 25 negara anggota APR Scout diperebutkan sembilan kandidat.

Adhyaksa Dault, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pun bangga dengan terpilihnya Rusdi.

"Terpilihnya Indonesia sebagai anggota komite APR ini merupakan bukti nyata kepercayaan dunia internasional terhadap Gerakan Pramuka Indonesia dalam memajukan kepramukaan  di kawasan Asia Pasifik, dan ini tidak gampang," kata Adhyaksa.

GWANGJU – Indonesia menempatkan satu wakil di Asia Pacific Regional (APR) Scout Committee alias organisasi pramuka Asia Pasifik periode 2015-2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News