Total DPT Bermasalah Hanya Tinggal 3,3 Juta Pemilih

Total DPT Bermasalah Hanya Tinggal 3,3 Juta Pemilih
Ilustrasi, kotak suara. FOTO: Thomas Kukuh/JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemandagri Irman, mengoreksi jumlah pemilih bermasalah yang telah berhasil diperbaiki dari total 10,4 juta pemilih bermasalah.

Dari laporan terakhir, berdasarkan data yang ada di Kemendagri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), total data bermasalah yang telah berhasil diselesaikan mencapai 7,1 juta pemilih.  Dengan begitu, kini data daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014 yang bermasalah tinggal 3,3 juta pemilih.

“Sudah bertambah yang sudah diselesaikan, yaitu 7,1 juta pemilih. Itu yang datanya sama-sama ada di KPU dan Kemendagri,” katanya di Jakarta, Senin (2/12).

Menurut Irman, jumlah pemilih bermasalah yang diselesaikan masih akan terus bertambah, karena baik KPU maupun Kemendagri masih terus menerima masukan data terbaru hingga Selasa (3/12) besok.

“KPU menuggu laporan dari KPU Kabupaten/Kota, sementara kami (Kemendagri) menunggu dari Dinas Dukcapil. Mudah-mudahan laporannya besok (Selasa ) sudah ada semua,” katanya.

Menurut Irman, dari total 7,1 juta pemilih bermasalah yang telah diselesaikan, tidak ada seorang pun yang diterbitkan Nomor Induk kependudukan (NIK)-nya. Karena pada dasarnya setelah dilakukan verifikasi ulang, pemilih ternyata memiliki elemen kependudukan yang sesuai dengan undang-undang yang ada.

“Coba kalau kemarin kita kasih NIK, maka yang 7,1 juta pemilih ini bisa menjadi pemilih ganda. Itu yang kita hindari selama ini,” katanya. (gir/jpnn) 

JAKARTA – Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemandagri Irman, mengoreksi jumlah pemilih bermasalah yang telah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News