Toyota Tarik Jutaan Mobil di AS

Toyota Tarik Jutaan Mobil di AS
Foto : AP
NEW YORK – Raksasa otomotif dunia asal Jepang, Toyota Motor Corp. selama ini berusaha keras membangun reputasi di Amerika Serikat sebagai pembuat mobil yang aman dan dapat diandalkan. Namun kesalahan komponen pedal gas dalam produk Toyota membuat reputasinya di AS ternoda.

Associated Press melaporkan, Toyota telah mengumumkan rencana penarikan 2,3 juta unit mobil akibat masalah koneksi pada pedal gas dengan mesin yang dapat mengakibatkan celaka. Pengumuman itu disampaikan Kamis (21/1) waktu AS, setelah Toyota menyebut sebanyak 4,2 juta produknya bermasalah pada komponen gas yang dapat terlilit di bawah karpet lantai mobil sehingga tiba-tiba bisa mempercepat laju kendaraan.

Persoalan ini dituding sebagai penyebab banyaknya tabrakan, termasuk kecelakaan Lexus yang melaju lebih dari 120 mil per jam di San Diego yang menewaskan empat orang beberapa waktu lalu. Produk Toyota di AS yang bermasalah itu antara lain type RAV4 produk 2009-2010, Avalon produk 2005-2010, Toyota Camry pruduksi 2007-2010, Toyota Higlander 2010, Tudra produksi 2007-2010, serta Toyota Sequoia produksi 2008-2010.

Pihak Toyota menyatakan, dalam beberapa kasus tertentu, sistem mekanis pedal gas turun dan menyebabkan pedal keras sehingga laju kendaraan melambat. Namun dalam beberapa kasus, juga pedal gas malah macet.

NEW YORK – Raksasa otomotif dunia asal Jepang, Toyota Motor Corp. selama ini berusaha keras membangun reputasi di Amerika Serikat sebagai pembuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News