TPI Juga Berhak Awasi Unas

TPI Juga Berhak Awasi Unas
Pendistribusian soal Unas SMP di Disdikpora Kota Palembang. Foto: Evan Zumarli/Sumatera Ekspres.
JAKARTA - Peserta ujian nasional (Unas) tingkat SMP/MTs dijanjikan untuk dijaga ketat oleh tim pemantau independen (TPI). Meski tak ada pengawas, TPI berhak berperan sebagai pengawas bila dianggap perlu.

Unas SMP/MTs dan SMP Luar Biasa (SMPLB) yang berlangsung mulai hari ini (29/3) hingga Kamis (1/4) tentu tak akan luput dari pengawasan TPI. Kordinator Nasional Pengawas dan Tim Pemantau Independen (TPI), Haris Supratna mengatakan, pelaksanaan Unas SMA memberikan banyak pengalaman terhadap Kementrian Pendidikan Nasional (kemendiknas) dan TPI.

"Hampir semua modus dan pola kecurangan memang kami petakan, sebagai pengalaman untuk memantau Unas tingkat SMP kali ini," papar Haris.

Dia menjelaskan, beberapa modus yang telah dipelajari secara turun menurun salah satunya adalah alasan peserta Unas untuk ke toilet. "Dalam standar operasional kan juga dijelaskan, bahwa mereka harus didampingi saat izin ke belakang," ujarnya.

JAKARTA - Peserta ujian nasional (Unas) tingkat SMP/MTs dijanjikan untuk dijaga ketat oleh tim pemantau independen (TPI). Meski tak ada pengawas,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News