Tradisi Unik Tahunan Barito Utara

Tradisi Unik Tahunan Barito Utara
Tradisi Unik Tahunan Barito Utara

jpnn.com - BARITO UTARA- Indonesia kaya budaya daerah. Bukan hanya bahasa, tarian, nyanyian, dan makanan, tradisi doa-doa dengan ritual khusus pun menjadi ciri khas tersendiri.

Salah satu yang terkenal di Kalimantan Tengah adalah tradisi tradisi Baayun atau Batuyang masih tetap dijaga oleh masyarakat di Kabupaten Barito Utara (Batara). Setiap tahunnya, tradisi yang merupakan salah satu simbol kearifan syiar Islam, tetap dijalankan.

Tradisi itu berupa pembacaan shalawat dan syair yang mengagungkan nama Nabi Muhammad SAW. Pelaksanannya dilakukan beramai-ramai alias rombongan, anak-anak diayun di atas kain yang digantungkan. 

"Tradisi ini dipercaya bisa menghindarkan anak-anak dari sakit-sakitan yang diakibatkan karena mistis, serta gangguan-gangguan terhadap anak yang disebabkan mahluk halus," ujar Ketua PHBI Barito Utara, Yaser Arapat kepada Kalteng Pos (grup JPNN).(ala/dkk/jpnn)


BARITO UTARA- Indonesia kaya budaya daerah. Bukan hanya bahasa, tarian, nyanyian, dan makanan, tradisi doa-doa dengan ritual khusus pun menjadi ciri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News