Trauma Elpiji, Warga Malah Pakai Eceng Gondok

Trauma Elpiji, Warga Malah Pakai Eceng Gondok
Trauma Elpiji, Warga Malah Pakai Eceng Gondok
RENGASDENGKLOK - Maraknya kejadian ledakan tabung gas elpiji di beberapa daerah, mengakibatkan warga trauma menggunakan tabung gas. Karena trauma itu, tak sedikit warga akhirnya lebih memilih menggunakan kayu bakar dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Seperti misalnya yang terjadi di Dusun Dukuh Barat, Desa Dukuh Karya, Kecamatan Rengasdengklok, di mana warga telah beramai-ramai meninggalkan elpiji dan beralih ke kayu bakar, atau minyak tanah. Menariknya, selain menggunakan dua material tersebut, ada juga warga yang menggunakan bahan energi alternatif seperti tumbuhan eceng gondok.

"Selain kayu bakar dan minyak tanah, warga juga menggunakan bahan bakar energi alternatif eceng gondok untuk memasak. Hal itu dilakukan warga untuk menghindari ledakan di dapurnya. Mungkin ini yang menjadi terobosan di desa saya, yang lebih memilih eceng gondok untuk menghindari ledakan," ujar Kades Dukuh Karya, Komara Irawan, kepada Pasundan Ekspres (grup JPNN), Kamis (19/8).

Hal senada diutarakan oleh salah seorang warga Dusun Dukuh Barat, Mulyadi. Dirinya bahkan menilai bahwa penggunaan kayu bakar dan minyak tanah, serta energi alternatif seperti eceng gondok lebih aman dibandingkan dengan gas elpiji.

RENGASDENGKLOK - Maraknya kejadian ledakan tabung gas elpiji di beberapa daerah, mengakibatkan warga trauma menggunakan tabung gas. Karena trauma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News