Traveling Enam Bulan Hanya Berbekal Uang Rp 9 Juta

Traveling Enam Bulan Hanya Berbekal Uang Rp 9 Juta
Marina Silvia di Bandara Soekarno Hatta, sebelum bertolak ke Eropa. Foto: JP
Tidak perlu takut keliling dunia meski punya dana terbatas. Marina Silvia Kusumawardhani membuktikannya. Dia berkeliling Eropa selama enam bulan hanya dengan USD 1.000 secara legal. Bagaimana caranya?

FAROUK ARNAZ, Jakarta

PESAWAT Emirates jurusan Eropa baru berangkat sekitar pukul 22.00. Malam itu, sekitar pukul 20.00, terminal keberangkatan internasional di Bandara Soekarno-Hatta juga masih lengang. Hanya satu-dua orang berlalu lalang. Seorang gadis berjilbab kuning bermotif serta jaket kaus tampak mendorong troli. Dia didampingi seorang ibu berbusana muslimah dengan penutup kepala cokelat tua.

"Maaf terlambat, Jakarta macet sekali," kata Marina Silvia K.

Berangkat dari kediamannya, kawasan Padasuka, Bandung, dengan diantar sang ibu, Dedeh Suryawati, 56, malam itu Marina dalam perjalanan menuju Eropa. Kali ini dia memang sengaja memilih penerbangan asal Dubai, Uni Emirat Arab, itu.

"He... he... saya memang tidak pernah banyak bawa barang kalau pergi-pergi. Baju kan bisa dicuci," katanya saat ditanya tentang bekal yang dibawa untuk perjalanan 2,5 bulan (berakhir sekitar September 2008 mendatang) ke Eropa kali ini.

Tidak perlu takut keliling dunia meski punya dana terbatas. Marina Silvia Kusumawardhani membuktikannya. Dia berkeliling Eropa selama enam bulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News