Tren Trafficking Terus Meningkat

Tren Trafficking Terus Meningkat
Tren Trafficking Terus Meningkat
BANDAR LAMPUNG - Aksi kekerasan terhadap perempuan dan trafficking di Indonesia masih sangat tinggi. Bahkan, di sejumlah daerah, menunjukkan tren meningkat. Di Provinsi Lampung, misalnya. Pada 2009 tercatat 208 kasus, 2010 mencapai 320 kasus, dan pada 2011 sebanyak 367 kasus.

’’Dari 2009 sampai 2011 perempuan dan anak masih kerap dijadikan korban ketidakadilan serta kekerasan. Belum lagi di 2011 ada 136 kasus korban perkosaan di bawah umur 18 tahun,’’ ungkap Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan (PP) Lana Rekyanti di Gedung BPP Lampung, Bandar Lampung, Kamis (10/5).

Sedangkan pada 2011, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) usia di atas 18 tahun ke atas di Lampung mencapai 178 kasus. Hasil itu tidak jauh berbeda dari 2010 yang mencapai 173 kasus KDRT. ’’Kami akui kasus kekerasan tersebut masih banyak yang belum terungkap di lapangan,’’ terang Lana.

Lana menilai, tingginya kekerasan dan trafficking di Lampung merupakan masalah klasik yaitu kemiskinan dan minimnya pendidikan. Maka, angka kekerasan yang dialami perempuan dan anak dari tahun ke tahun semakin tinggi. ’’Banyak sekali korban kekerasan dan si korban tidak melapor kejadian yang menimpa dirinya,’’ pungkasnya.

BANDAR LAMPUNG - Aksi kekerasan terhadap perempuan dan trafficking di Indonesia masih sangat tinggi. Bahkan, di sejumlah daerah, menunjukkan tren

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News