Trik Agar Cat Kalter & Silinder Tahan Lama

Trik Agar Cat Kalter & Silinder Tahan Lama
Trik Agar Cat Kalter & Silinder Tahan Lama. Foto Ototrend/JPNN.com

jpnn.com - Tak cukup hanya memainkan pewarnaan pada tangki dan bodi, pada blok mesin motor oleh pada airbrusher juga kerap dibalut cat untuk menyesuaikan dengan tema modifikasi yang diterapkannya saat itu.

Tapi perlu diingat bahwa untuk mengecat blok mesin yang bersuhu panas, tidaklah mudah. Terlebih lagi, mesin injeksi atau mesin yang memakai bahan blok silinder diasil, yang mudah panas dan juga mudah dingin.

"Maka, untuk menghadapi perkembangan terbaru wajib melakukan riset, "ungkap Wahyu panglima Bendol ‘Rockiller’Garage asal Balongbendo, Sidoarjo, Jawa Timur kepada Tabloid OTOTREND (Jawa Pos Group).

Langsung ke pengerjaan, tahap pertama bersihkan lebih dulu permukaan blok silinder atau lalter atau crank case yang akan dicat. Caranya macam tergantung permukaan bagian yang dicat. Misalkan, permukaan model kulit jeruk bisa pakai sikat besi.

Sedang kalau permukaan, masih ada bekas cat bawaan pabrik cukup bikin kesat pakai waterproof #400.

Baru, lanjutkan dengan memberi lapisan epoxy untuk menutup pori dan memastikan tak ada lagi kandungan minyak. Setelah dipastikan kering luar dalam, tambahkan dengan menyemprotnya pakai ACR dan oplos dengan thiner A-Special, dengan perbandingannya 1 ACR : 2 thiner.

Dengan pemakaian dasaran ACR, diyakini mempu menahan panas. Jadi dijadikan sebagai dasaran cat setelah epoxy. Setelah itu, silahkan masuk ke proses pewarnaan. Cat dan thiner pakai saja perbandingan 1 cat : 2 thiner.

Sebagai finishing, lapisi dengan pernis bakar dan hardener kemudian tunggu sampai kering. "Cara itu diaplikasi juga untuk meningkatkan daya kilapnya," kata Wahyu. (kih/ototrend/jpnn)


Tak cukup hanya memainkan pewarnaan pada tangki dan bodi, pada blok mesin motor oleh pada airbrusher juga kerap dibalut cat untuk menyesuaikan dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News