Trio Sumatra Pimpin Lembaga Tinggi Negara

Trio Sumatra Pimpin Lembaga Tinggi Negara
Trio Sumatra Pimpin Lembaga Tinggi Negara

jpnn.com - JAKARTA - Seperti sudah diduga jauh-jauh hari sebelumnya, secara aklamasi Majelis Permusyawaratan rakyat (MPR) memilih Taufik Kiemas (TK) sebagai Ketua MPR. Pemilihan sistem paket yang sebelumnya disepakati, batal dilakukan karena hanya ada satu paket pimpinan yang dipelopori Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PDIP.

Sedangkan untuk wakil ketua MPR yang satu paket dengan Taufik Kiemas dan terpilih secara aklamasi adalah Melani L Suharly dari Fraksi Partai Demokrat, Hajriyanto Y Tohari dari Golkar, Lukman Hakim Saefuddin dari PPP, serta Ahmad Farhan Hamid dari unsur DPD.

Paripurna MPR yang digelar Sabtu (3/10) malam yang dipimpi oleh Marzuki Alie selaku pimpinan sementara MPR, menerima Taufik Kiemas Cs sebagai ketua MPR setelah mayoritas fraksi di MPR mengusulkannya. Namun, paripurna MPR itu tanpa dihadiri Ketua DPD Irman Gusman, yang seharusnya menjadi pendamping Marzuki Alie.

Meski demikian, mayoritas fraksi di MPR setuju paripurna digelar dengan agenda utama pemilihan pimpinan MPR. Dalam sidang paripurna yang dimulai pukul 21.00, fraksi-raksi yang mengusung Taufik Kiemas adalah Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PAN, Fraksi PPP, Fraksi PKB, Fraksi Gerindra dan Fraksi Hanura.

Sedangkan Fraksi PKS tidak dalam posisi mengajukan calon. Adapun DPD, juga batal mengusung nama Ginadjar Kartasasmita yang sebelumnya diplot di kursi Ketua MPR.

Terpilihnya Taufik Kiemas itu melengkapi daftar politisi asal Sumatra yang duduk di pucuk pimpinan lembaga tinggi. Sebelumnya Marzuki Alie, politisi Partai Demokrat asal Palembang, Sumatra Selatan, sudah terpilih sebagai Ketua DPR. Sedangkan pimpinan lembaga tinggi negara lainnya asal Sumatra adalah Irman Gusman yang terpilih sebagai ketua DPD.(ara/jpnn)


JAKARTA - Seperti sudah diduga jauh-jauh hari sebelumnya, secara aklamasi Majelis Permusyawaratan rakyat (MPR) memilih Taufik Kiemas (TK) sebagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News