Triwulan Pertama, Garam Masih Impor

Triwulan Pertama, Garam Masih Impor
Triwulan Pertama, Garam Masih Impor
JAKARTA - PT Garam Indonesia terus berupaya meningkatkan produksi garam dengan cara memperluas fasilitas bio membran. Tetapi, tetap saja produksi garam belum bisa memenuhi kebutuhan konsumsi nasional. Akibatnya, Indonesia masih mengimpor garam.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor garam masih berlangsung di triwulan pertama 2013. Tercatat impor garam sebesar 465.000 ton atau senilai USD 21,5 juta. Khusus garam industri, Indonesia masih 100 persen bergantung pada impor karena belum memproduksi di dalam negeri.

"Seharusnya pemerintah lebih serius mengupayakan peningkatan produksi garam, baik garam konsumsi maupun untuk industri. Seharusnya ada alih teknologi dan tata kelola yang dibenahi dengan sungguh-sungguh," kata anggota Komisi IV DPR, Ma"mur Hasanuddin, menanggapi data yang dirilis BPS.

Belum lama ini, Direktur Utama PT Garam Yulian Lintang mengatakan, perseroan menyiapkan belanja modal Rp 110 miliar tahun ini yang dia ntaranya digunakan untuk penambahan fasilitas bio membran seluas 100 hektare (ha) di Sumenep, Madura. 

JAKARTA - PT Garam Indonesia terus berupaya meningkatkan produksi garam dengan cara memperluas fasilitas bio membran. Tetapi, tetap saja produksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News