Truk Berat Bikin Rusak Jalan

Truk Berat Bikin Rusak Jalan
Truk Berat Bikin Rusak Jalan
MAKASSAR - Bertambahnya jumlah gudang yang membuat laju operasi truk terus bertambah di dalam kota menjadi salah satu penyebab faktor kemacetan. Dalam mengantisipasi soal kemacetan ini, Dishub perlu mengeluarkan kebijakan tentang pengadaan terminal angkutan barang.

Program Dishub dalam mengadakan terminal angkutan barang dinilai sangat ideal.  Karena, kondisi kota Makassar saat ini menunjukkan  volume kendaraan dan ruas jalan tidak seimbang.

Beberapa Toko yang menjual bahan bangunan itu dikenakan peraturan untuk tidak menggunakan truk besar. Truk besar beroperasi hanya sampai terminal angkutan barang. Setelah itu, mobil box atau pick up berukuran kecil yang boleh masuk ke dalam kota untuk mengangkut barang-barang bahan bangunan, seperti semen, paralon, besi dan lainnya.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dishub Kota Makassar, Hasan Bisri kepada Upeks, Minggu (18/7) mengatakan, terminal angkutan barang itu akan menjadi sentra operasional sebelum barang distribusikan ke dalam kota."Kedepan ini terminal angkutan barang memang sangat diperlukan. Semua truk besar yang mengangkut barang harus masuk ke dalam terminal dulu," papar Hasan."Kemudian mobil box berukuran kecil yang mengangkut barang-barang itu masuk ke kota," sambung Hasan.

MAKASSAR - Bertambahnya jumlah gudang yang membuat laju operasi truk terus bertambah di dalam kota menjadi salah satu penyebab faktor kemacetan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News