Trump Tuding Antifa Dalang Kerusuhan di Amerika, Siapa sih Mereka?

Trump Tuding Antifa Dalang Kerusuhan di Amerika, Siapa sih Mereka?
Nasionalis kulit putih bertemu dengan sekelompok pengunjuk rasa yang berseberangan di Charlottesville. (Reuters: Joshua Roberts)

jpnn.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengumumkan ia akan segera mendeklarasikan Antifa sebagai organisasi teroris.

Presiden Trump mengatakan, kelompok kiri anti-fasis yang militan sebagai penggerak di balik beberapa aksi perusuhan di sejumlah kota di Amerika Serikat.

"Itu Antifa, itu adalah orang-orang radikal kiri yang jahat. Dan mereka harus diberi pelajaran bahwa mereka tidak bisa melakukan ini," kata Presiden Trump.

Namun, desakan Presiden Trump mendapat sejumlah perlawanan.

Hina Shamsi, direktur National Security Project yang bernaung di bawah Serikat Kebebasan Sipil Amerika Serikat, mengatakan Presiden Trump tidak memiliki "otoritas hukum untuk menyebut sebuah kelompok lokal" sebagai organisasi teroris.

"Terorisme adalah label politik yang inheren, mudah dimanfaatkan dan disalahgunakan. Tidak ada otoritas hukum untuk menunjuk kelompok domestik [sebagai organisasi teroris]. Penunjukan seperti itu akan membangkitkan proses hukum yang signifikan dan kekhawatiran pada Amandemen Pertama," katanya kepada CNN.

Jadi, apa itu Antifa?

'Organisasi' yang sulit dijabarkan

Antifa, kependekan dari "anti-fasis", adalah kelompok-kelompok aktivis militan kiri yang jumlahnya tidak diketahui dan saling berafiliasi, serta individu-individu yang menentang apa yang mereka anggap sebagai "fasisme" di seluruh dunia.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengumumkan ia akan segera mendeklarasikan Antifa sebagai organisasi teroris

Sumber ABC Indonesia