TSE Group Serap Ribuan Tenaga Kerja Orang Asli Papua

TSE Group Serap Ribuan Tenaga Kerja Orang Asli Papua
Orang Asli Papua (OAP) yang dipekerjakan di pabrik pengolahan kelapa sawit milik Tunas Sawa Erma Group (TSE Group), di Papua. Foto: dok. TSE

jpnn.com, JAKARTA - TSE Group telah menyerap lebih 2.400 tenaga kerja orang asli Papua (OAP) dalam tiga tahun terakhir.

Para pekerja asli Papua itu tersebar di berbagai perusahaan, dari PT Tunas Sawa Erma (TSE), PT Dongin Prabhawa (DP) hingga PT Berkat Cipta Abadi (BCA).

Selurut perusahaan tersebut bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kabupaten Merauke dan Boven Digoel, Provinsi Papua.

Direktur Human Resource dan General Affair (HR-GA) TSE Group Ronny Makal mengatakan, jumlah ini lebih banyak dibandingkan ketika pertama kali TSE Group beroperasi di Papua pada 1997.

Melihat minat itu, perusahaan mulai melakukan proses rekrutmen OAP secara lebih aktif. Perusahaan kerap melakukan sosialisasi mengenai lapangan kerja hingga ‘jemput bola’ ke banyak distrik dan kampung.

"Khususnya ke Kabupaten Merauke dan Boven Digoel yang merupakan area kerja TSE Group," kata Ronny dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN, Kamis (22/4).

Menurut Ronny, kerja sama dengan pemerintah daerah, terutama kepala distrik, juga rutin dilakukan.

"Melalui berbagai upaya ini, perusahaan berharap dapat memaksimalkan penyerapan tenaga kerja OAP, sehingga jumlah pengangguran bisa terus berkurang,' ujarnya.

TSE Group telah menyerap lebih 2.400 tenaga kerja orang asli Papua dalam tiga tahun terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News