Tsunami Hingga Setinggi 2 Meter Terjang Palu Dan Donggala

Tsunami Hingga Setinggi 2 Meter Terjang Palu Dan Donggala
Tsunami Hingga Setinggi 2 Meter Terjang Palu Dan Donggala

Kota Palu dan Donggala di Provinsi Sulawesi Tengah dilanda tsunami hingga ketinggian 2 meter, pasca gempa 7,4 Skala Richter (SR) yang terjadi pada pukul 17:02:44 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia mengonfirmasi terjadinya tsunami yang menerjang pantai Talise di Kota Palu dan pantai di Donggala. Tsunami juga menerjang beberapa permukiman dan bangunan yang ada di pantai.

External Link: Video Tsunami di Palu

Dari beberapa video yang beredar di media sosial, tsunami diperkirakan mencapai ketinggian hingga 2 meter.

Sebelumnya, BMKG sempat mengaktivasi peringatan dini tsunami dengan status Siaga (tinggi potensi tsunami 0,5 – 3 meter) di pantai Donggala bagian barat, dan status Waspada (tinggi potensi tsunami kurang dari 0,5 meter) di pantai Donggala bagian utara, Mamuju bagian utara dan Kota Palu bagian barat.

Namun pada pukul 17.36 WIB, BMKG mencabut peringatan dini tsunami tersebut.

Belum ada data resmi mengenai jumlah korban yang dirilis kedua institusi. Namun berdasarkan keterangan pers dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, yang diterima ABC, laporan sementara menyebut adanya beberapa korban jiwa akibat tertimpa bangunan roboh.

“Jumlah korban dan dampaknya masih dalam pendataan,” sebut BNPB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News