Tuan Rumah Tanpa Pemain Pilar

Tuan Rumah Tanpa Pemain Pilar
Tuan Rumah Tanpa Pemain Pilar

AMSTERDAM - Tim nasional sepak bola Belanda mulai menjalani laga ujicoba internasional jelang persiapan mereka ke Piala Dunia Brasil 2014. Terdekat, tim asal Negeri Kincir Angin -julukan Belanda- itu akan menjamu Timnas Jepang di Stadion Cristal Arena Genk, Belgia, malam nanti.
    
Sayang, pertandingan persahabatan sarat gengsi tersebut tidak akan melibatkan sejumlah pemain bintang asal kedua negara. Tuan rumah misalnya, yang sudah pasti tidak diperkuat oleh Robin van Persie. Striker haus gol yang saat ini membela Manchester United itu masih berbalut cedera kaki dan pangkal paha.
    
Parahnya lagi, masalah tersebut tidak hanya dialami oleh Van Persie, namun juga sederet pemain pilar lain seperti Klaas-Jan Huntelaar, Ricky Van Wolfswinkel akibat cedera. Serta gelandang Feyenoord, Jordy Clasie yang saat ini masih belum berada dalam kondisi 100 persen.

Nah, kondisi tim yang jauh dari kata sempurna itu menjadi tantangan tersendiri bagi sang pelatih, Louis van Gaal. Pelatih berusia 62 tahun yang pernah menukangi Bayern Munchen itu bertekad untuk memberikan kejuatan dalam laga tersebut walau tanpa sejumlah pemain pilar mereka.

"Kami akan berusaha menunjukan bagaimana sesungghuhnay kekuatan kami, walau tanpa sejumlah pemain bintang. Karena, keadaan seperti ini bisa saja akan terjadi saat di Brasil nanti," ucap pria kelahiran Amsterdam dengan nama lengkap Aloysius Paulus Maria van Gaal itu.

"Kami tidak memiliki banyak striker, karena sejumlah pemain kami yang selama ini bisa mengisi kekosongan Van Persie juga mengalami masalah. Tapi, semua itu bisa teratasi kalau kami bisa mengambil keputusan dalam waktu dekat ini," tegasnya.

Menurut Van Gaal, sebagai alternative dia memiliki dua pemain pelapis dengan klualitas tidak kalah hebat, seperti striker Ajax Amsterdam Siem de Jong dan penyerang asal klub Philips Sport Vereniging Jeremain Lens. Keduanya akan menjadi striker sentral dalam laga tersebut.

"Jadi, kondisi tim yang seperti ini juga membawa keuntungan tersendiri. Karena, biar kedepan kami sudah memiliki solusi bila muncul masalah yang sama dikemudian hari," ucap sang arsitek.

Hal yang sama juga terjadi di skuad Samurai Biru"julukan Timnas Jepang"juga harus rela tidak bisa memainkan Shinji Kagawa karena mengalami cedera. Meski hanya satu pemain, sang pelatih Jepang, Zaccheroni tetap galau dengan kondisi itu. Mau bagaimana lagi, gelandang Manchester United itu juga termasuk tulang punggung tim besutannya.

Apalagi, kondisi tuan rumah sedang onfire setelah meraih hasil memuaskan sepanjang fase grup. Saat itu, pasukan Orange "julukan timnas Belanda-- hanya kehilangan dua poin dari total sepuluh pertandingan selama kualifikasi Piala Dunia Brasil 2014. (dik)


Berita Selanjutnya:
Belgia Kalah Efisien

AMSTERDAM - Tim nasional sepak bola Belanda mulai menjalani laga ujicoba internasional jelang persiapan mereka ke Piala Dunia Brasil 2014. Terdekat,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News