Tujuh Pesan Panglima TNI Jelang Pilkada Serentak dan Pelaksanaan PON

Tujuh Pesan Panglima TNI Jelang Pilkada Serentak dan Pelaksanaan PON
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di hadapan para peserta Rapim Kemhan tahun 2020 di Kemhan RI, Jalan Medan Merdeka Barat No. 13-14, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan tujuh pesan kepada jajaran TNI dan Polri menjelang pelaksanaan pilkada serentak di 170 daerah dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Pesan itu disampaikan Panglima TNI saat membuka Rapim TNI-Polri yang bertema "Dilandasi Profesionalitas, Soliditas, dan Sinergisitas, TNI-Polri Siap Mengamankan Pilkada Serentak tahun 2020 Serta Mengawal Pembangunan Nasional Dalam Rangka Menuju Indonesia Maju", di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1).

Tujuh pesan itu, pertama, terkait pedoman "proper, planning, pissful, prevent, performance" (P5) yang harus selalu dijalankan.

"Kedua, tingkatkan kesiapsiagaan, komando kewilayahan, terus berkoordinasi agar TNI-Polri bersinergi mengamankan pilkada serentak 2020," kata Panglima TNI.

Dalam kesempatan itu, Hadi mengingatkan tentang kerawanan pemilu karena selama ini kerap muncul politik identitas, berita-berita di sosial media yang bisa memicu kerusuhan, serta titik-titik rawan konflik yang harus diantisipasi dengan baik.

"Saya ingatkan kepada pimpinan setiap wilayah mampu memberikan penilaian situasi secara maksimal," kata mantan Irjen Kemhan ini.

Panglima TNI juga mengingatkan agar anggota TNI dan Polri menurunkan ego sektoral antarinstansi.

"Kelima, tingkatkan kepekaan dan kepedulian," ujarnya.

Panglima TNI menyampaikan pesan itu dalam acara Rapim TNI-Polri di Mabes Cilangkap, Jakarta Timur. Tujuh pesan itu, pertama, terkait pedoman "proper, planning, pissful, prevent, performance" (P5) yang harus selalu dijalankan..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News