Tumpahan Minyak Belum Tentu dari Pesawat AirAsia

Tumpahan Minyak Belum Tentu dari Pesawat AirAsia
Tumpahan Minyak Belum Tentu dari Pesawat AirAsia

jpnn.com - JAKARTA - Dua titik genangan minyak terpantau di perairan sebelah timur Tanjung Pandan yang menjadi lokasi pencarian AirAsia QZ8501. Adalah pesawat Hercules Alpha 1319 milik TNI Angkatan Udara yang menemukannya.

Pilot Alpha 1319 Letkol Udara I Gusti Putu akui bahwa kedua genangan itu terletak tidak jauh dari lokasi terakhir QZ8501. Namun, ia enggan berspekulasi apakah minyak berasal dari kapal jenis buatan Airbus tersebut atau bukan.

"Karena bisa juga itu dari kapal laut yang lewat, karena wilayah itu banyak dilalui kapal juga," kata Letkol Putu di Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (29/12).

Letkol Putu mengatakan, tugas awak Alpha 1319 lainnya hanyalah melakukan penyisiran di lokasi yang telah diberikan. Kemudian, hasil penyisiran tersebut dilaporkan kepada posko pusat operasi.

"Nanti posko yang mengolah hasil laporan kami dan lakukan koordinasi," ucapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, hari ini Alpha 1319 melakukan penyisiran selama sekitar 8 jam. Selain genangan minyak, tidak ada petunjuk lain yang ditemukan dalam operasi pencarian hari ini.

Untuk diketahui, Alpha 1319 berangkat dari Halim Perdana Kusuma pukul 06.00 WIB. Tugas mereka awalnya adalah menyisir sektor II area pencarian yang meliputi wilayah utara Tanjung Pandan.

Sekitar pukul 14.00 WIB, Alphaa 1319 mendapat informasi adanya genangan minyak di wilayah timur perairan Tanjung Pandan. Setelah melakukan penyisiran, Alpha 1319 menemukan dua titik genangan minyak di sekitar wilayah tersebut. (dil/jpnn)

JAKARTA - Dua titik genangan minyak terpantau di perairan sebelah timur Tanjung Pandan yang menjadi lokasi pencarian AirAsia QZ8501. Adalah pesawat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News