Tumpang Tindih, 8.000 Izin Tambang Segera Diaudit

Tumpang Tindih, 8.000 Izin Tambang Segera Diaudit
Tumpang Tindih, 8.000 Izin Tambang Segera Diaudit
JAKARTA- Pemerintah segera melakukan audit terhadap izin tambang yang diprediksi berjumlah ada 8.000 izin tambang di seluruh Indonesia. Sebagian besar di antaranya diduga terjadi tumpang tindih lahan dan dalam melakukan aktivitas pertambangannya tidak sesuai dengan izin yang diberikan.

"Berdasarkan koordinasi dengan ESDM, jumlah izin yang diberikan kepada Minerba sudah di atas 8.000 izin dan itu perlu ada verifikasi. Perlu ada audit untuk meyakinkan semua izin menjaga lingkungan dan taat peraturan," kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo usai rapat Minerba di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (23/5).

Karena terjadi tumpang tindih dan tidak tertib administarif, kata Agus, diduga banyak dari perusahaan yang mengantongi izin tidak memenuhi kewajiban pajak mereka. Agus Martowardojo menambahkan, selain urusan pajak perusahaan ini juga mengamcam kerusakan lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah telah sepakat membuat satu tim khusus.

"Akan kita tindaklanjuti dalam bentuk tim yang kongkrit mengeluarkan policy untuk memastikan semua bisa terpenuhi. Kita ingin semua taat azas dan peraturan," tegas Agus.

JAKARTA- Pemerintah segera melakukan audit terhadap izin tambang yang diprediksi berjumlah ada 8.000 izin tambang di seluruh Indonesia. Sebagian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News