Tuntut Pengganti Fredy Putra Daerah

Tuntut Pengganti Fredy Putra Daerah
Tuntut Pengganti Fredy Putra Daerah
JAKARTA - Pelantikan anggota DPR periode 2009-2014 tinggal satu hari lagi atau tepatnya 1 Oktober 2009 lusa. Namun demikian Partai Demokrat masih didera permasalahan siapa pengganti Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi yang mundur sebagai caleg terpilih dari dapil Papua. Pasalnya, konstituen partai tersebut mendesak agar penggantinya harus berasal dari putra asli Papua yang juga memiliki suara terbanyak berikutnya.

”Kami desak segera agar DPP Partai Demokrat memilih pengganti Pak Freddy dengan Willem Frans Ansanay. Karena harapan untuk pembangunan negeri ini bertumpu pada putra adat asli Papua. Bukan caleg yang asalnya dari luar Papua,” tegas Kordinator Yayasan Bangun Nusa Irian yang juga perwakilan Masyarakat Adat Papua di Jakarta, Alof ST Rumayomi, kepada wartawan di Jakarta, kemarin (29/9).

Menurut Alof, berbagai pertimbangan atas desakan warga Papua itu didasari atas masuknya suara Frans Ansanay sebesar 25.547 suara dari Kabupaten Yahukimo yang sudah terdaftar dalam hasil suara nasional. Meskipun pada akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak mengabulkannya karena adanya rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

”Karena ada penambahan suara dari Yahukimo, maka suara Frans Ansanay menjadi 61 ribu melebih suara caleg Milton Pakpahan  yang hanya mendapat suara kurang dari 46 ribu. Dan tidak disahkannya suara tersebut oleh KPU kami anggap sebuah pelanggaran pidana pasal 421 JUHP dan pasal 288, 289 UU Nomor 10 tahun 2008,” tegasnya.

JAKARTA - Pelantikan anggota DPR periode 2009-2014 tinggal satu hari lagi atau tepatnya 1 Oktober 2009 lusa. Namun demikian Partai Demokrat masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News