Turut Amankan Stok Batubara di PLTU, INSA Dapat Apresiasi dari PLN

Turut Amankan Stok Batubara di PLTU, INSA Dapat Apresiasi dari PLN
Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) meraih penghargaan dari PT. PLN (Persero), sebagai mitra perusahaan pelayaran. Foto dok INSA

jpnn.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) mengapresiasi peran dan dukungan DPP Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) lantaran turut menjaga keamanan pasokan batubara selama 2022.

Setelah sempat mengalami krisis pasokan batubara untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) pada awal 2022, kini pasokan batubara bisa terjaga dengan aman di level stock mencapai 20 hari operasi.

Amannya stok batubara di PLTU tersebut tercapai di tengah tantangan lonjakan harga batubara ekspor yang mencatatkan rekor tertinggi sepanjang sejarah yakni di atas 400 USD per metrik ton.

Dalam suratnya kepada DPP INSA, Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo mengatakan keberhasilan PLN mengubah kondisi krisis pada awal tahun menjadi kondisi aman di akhir 2022, bisa terwujud berkat dukungan berbagai stakeholder kunci, termasuk INSA.

INSA dalam hal ini telah memenuhi kebutuhan armada kapal (vessel dan tongkang) untuk mengangkut batubara dari pelabuhan muat sumber tambang ke PLTU.

"Kami dengan segala kerendahan hati menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Ketua beserta seluruh jajaran pengurus serta anggota INSA atas dukungan yang luar biasa kepada PT PLN," kata Darmawan seperti dikutip dari surat PT PLN kepada DPP INSA.

Pada April lalu, PT PLN (Persero) juga telah memberikan penghargaan kepada DPP INSA atas dukungannya saat mengatasi krisis energi primer pada awal 2022 ini.

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengatakan, amannya pasokan batubara di PLTU pada akhir tahun ini patut disyukuri dan diusahakan agar pasokannya bisa terus terjaga dengan aman, sehingga krisis pasokan batubara yang sempat terjadi tidak terulang kembali.

PT PLN (Persero) mengapresiasi peran dan dukungan DPP Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) dalam mengamankan stok batubara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News