Ubah Basis Industri Perkayuan

Ubah Basis Industri Perkayuan
Ubah Basis Industri Perkayuan
JAKARTA – Hutan tanaman ke depan akan menjadi basis dan tulang punggung industri perkayuan nasional. Kementerian Kehutanan Zulkifli Hasan dalam kebijakan revitalisasi industri kehutanan mendorong perubahan penggunaan bahan baku industri dari semula lebih menggantungkan pada kayu hutan alam menjadi hutan tanaman.

   

“Seiring dengan turunnya pasokan kayu dari hutan alam, banyak industri kehutanan yang melakukan inovasi dengan memanfaatkan kayu hutan rakyat sebagai bahan baku industrinya,” kata Menteri kehutanan Zulkifli Hasan usai memberikan penghargaan Prima Wana Mitra kepada industri kehutanan di Jakarta, Kamis (13/12).

   

Tren pergeseran tersebut terlihat dari data struktur pemenuhan bahan baku IPHHK (industri primer hasil hutan kayu) kapasitas produksi di atas 6.000 meter kubik per tahun selama 7 tahun terakhir, dimana pemenuhan bahan baku dari hutan alam cenderung menurun sebesar 20,50 juta meter kubik pada 2005 menjadi 5,49 juta meter kubik pada 2011.

   

Di sisi lain, pemenuhan bahan baku dari hutan tanaman, baik hutan tanaman industri (HTI), hutan rakyat (HR), dan hutan tanaman rakyat (HTR), memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan yakni sebesar 11,47 juta meter kubik pada 2005 menjadi 36,73 juta meter kubik pada 2011.

   

JAKARTA – Hutan tanaman ke depan akan menjadi basis dan tulang punggung industri perkayuan nasional. Kementerian Kehutanan Zulkifli Hasan dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News