Ujang: Dukungan Gibran Kuat, Kemungkinan akan Lawan Kotak Kosong

Ujang: Dukungan Gibran Kuat, Kemungkinan akan Lawan Kotak Kosong
Gibran Rakabuming Raka mencoba maju di Pilwakot Solo. Foto: Instagram Gibran

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin memprediksi, putra presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Gibran Rakabuming Raka akan melawan kotak kosong di dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Solo 2020.

Menurut Ujang, peta politik di Solo menunjukkan bahwa arah dukungan untuk Gibran sangat kuat. Pasalnya, hampir seluruh partai yang memiliki kursi di DPRD Kota Solo mendukung Gibran.

"Kemungkinan besar Gibran akan lawan kotak kosong. Jika dilihat dari peta dukungan ke Gibran di Solo," kata Ujang dalam pesan singkatnya kepada jpnn.com, Senin (27/7).

Menurut dia, hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang belum bersikap terkait Pilwako Solo. Namun, PKS tidak bisa sendirian mengusung kandidat di Pilwako Solo karena kekurangan kursi di parlemen Kota Solo.

"PKS yang punya lima kursi tak akan bisa mencalonkan wali kota atau wakil wali kota, karena jumlah kursinya kurang. Paling tidak butuh sembilan kursi agar bisa mengusung cawalko," ucap dia.

Menurut Ujang, partai politik selain PDIP, seharusnya tersentak ketika tidak mampu menghadirkan pesaing Gibran di Pilwako Solo. Partai selain PDIP, kata Ujang, gagal membangun kader politik yang kuat di Solo untuk menjadi pesaing Gibran.

"Partai lain gagal dan tak punya keberanian untuk melawan Gibran. Mungkin karena sudah sama-sama tahu dan bukan lagi rahasia umum, jika Gibran dilawan pun, buang-buang uang dan akan kalah," ungkap dia. (mg10/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Putra presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka diprediksi akan melawan kotak kosong di dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Solo 2020.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News