Uji Coba LRT Sumsel Sukses Lewati 900 Meter Dalam 10 Menit

Uji Coba LRT Sumsel Sukses Lewati 900 Meter Dalam 10 Menit
Rangkaian gerbong LRT di Palembang, Sumsel. Foto: Alwi Alim/JawaPos.com

jpnn.com, PALEMBANG - Aktivitas kereta light rail transit (LRT) Palembang, Sumsel, mulai terlihat. Satu unit trainset diuji dinamis secara tertutup, Selasa dini hari (22/5), sekitar pukul 03.00 WIB.

Uji coba itu berhasil melalui dua stasiun yakni Depo Jakabaring menuju Stasiun OPI Mall dan Jakabaring lalu kembali lagi ke depo.

Kepala Proyek LRT Sumsel, Masudi Jauhari, mengatakan, uji coba dinamis merupakan salah satu langkah untuk menyesuaikan kelistrikan pada jalur dengan komponen yang ada di kereta.

“Kelistrikan dan pengeremannya berjalan mulus. Jalur yang dilalui lebih kurang panjangnya sekitar 900 meter dengan waktu tempuh sekitar 10 menit,” ujarnya, Selasa (22/5).

Masudi menjelaskan walaupun waktu tempuhnya singkat, namun persiapan yang dilakukan memakan waktu berjam-jam. Persiapannya sudah dimulai sekitar pukul 22.00 WIB dan baru bisa dijalankan sekitar pukul 03.00 WIB.

Diakui Masudi, kegiatan uji dinamis dilakukan tertutup dan hanya dilakukan oleh tim teknis lantaran jalur akan dialiri listrik.

“Kalau ramai, kami takut ada kesalahan ataupun korban jiwa. Makanya sengaja dilakukan tertutup,” katanya.

Dijelaskannya, uji dinamis kereta hanyalah tahapan awal. Pihaknya masih akan menguji kecepatan kereta, akselerasi, serta pengereman di kecepatan tertentu hingga kereta dinyatakan layak jalan.

Aktivitas kereta light rail transit (LRT) Palembang, Sumsel, mulai terlihat. Satu unit trainset diuji dinamis secara tertutup, Selasa dini hari (22/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News