Uji Dinamis LRT Sumsel Segera Dilanjutkan ke Jalur Kedua

Uji Dinamis LRT Sumsel Segera Dilanjutkan ke Jalur Kedua
Suasana ruang dalam trainset LRT Sumsel. Setelah jalur pertama, pengujian LRT akan masuk jalur kedua. Foto: Evan/Sumatera Ekspres/JPG

jpnn.com, PALEMBANG - Proses uji dinamis kereta Light Rail Transit (LRT) Sumsel di jalur pertama, Rabu dini hari (4/7) berjalan lancar tanpa ada masalah.

Setelah uji dinamis pertama sampai ke Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II selesai, seterusnya uji dinamis akan dilanjutkan ke jalur kedua.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Sumsel,Suranto mengatakan uji dinamis dilangsungkan mulai dari Depo Jakabaring ke Stasiun Bandara. Beberapa hal yang jadi catatan yakni penggunaan kecepatan untuk berbagai jenis jalur berbeda-beda.

Untuk track lurus, kecepatan kereta bisa dipacu maksimal mulai dari 75 km/jam hingga 90 km/jam. Sementara untuk tikungan, kecepatan kereta turun hingga 35km/jam. “Setelah uji di jalur pertama ini, kami akan kembali mengujikan kereta di jalur kedua,” ujar Suranto saat dibincangi wartawan, Rabu (4/7).

Dijelaskan Suranto, uji dinamis di jalur kedua akan dilakukan setelah pihaknya melakukan sterilisasi jalur. Dimana proses ini untuk memastikan tidak ada bahan material yang tersisa di sepanjang jalur. Selain itu, masih ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan di jalur kedua. “Kami akan menggunakan 4 trainset yang sudah tiba. Seluruhnya akan diujikan sehingga didapat parameter yang sesuai saat operasional nanti,” katanya.

Suranto menuturkan pihaknya tetap menargetkan uji dinamis selesai dilakukan 15 Juli mendatang. Sebab, uji dinamis kedua tidak harus mencari angka parameter lagi. “Sudah didapat saat uji dinamis di jalur pertama. Jadi tinggal disesuaikan saja. Makanya, proses uji dinamis di jalur kedua ini bisa berlangsung cepat dan tidak mengganggu jadwal launching,” terangnya.

Masih kata Suranto, usai tes statis dan dinamis, pihaknya akan melanjutkan pengujian beban kereta. Dimana nantinya kereta akan dimasuki beban setara 530 penumpang. Bebannya akan menggunakan jerigen berisikan air.

“Ini untuk mengetahui ketahanan kereta saat mengangkut penumpang. Tes beban ini bisa dilakukan di jalur satu saja sembari menunggu sterilisasi di jalur kedua selesai dikerjakan,” ucapnya.

Proses uji dinamis kereta Light Rail Transit (LRT) Sumsel di jalur pertama, Rabu dini hari (4/7) berjalan lancar tanpa ada masalah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News