Ujian Paket C tanpa Biaya

Senin, Serentak Digelar di Tiga Titik

Ujian Paket C tanpa Biaya
Ujian Paket C tanpa Biaya
BOGOR -- Sedikitnya 1.360 orang akan mengikuti ujian paket c yang digelar secara serentak di Kota Bogor, 9 hingga 12 Juni mendatang. Lokasi ujian dikonsentrasikan di tiga titik, yakni SMKN 1, SMAN 6, dan SMPN 5 Bogor. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor memastikan tak ada pungutan biaya dalam pelaksanaan ujian paket c ini.

Kepala Seksi Kursus dan Kelembagaan, Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal Disdik Kota Bogor, Aan Kurnianingsih mengatakan, biaya ujian paket c sepenuhnya ditanggung pemerintah. Sehingga pihaknya mengharamkan jika ada oknum yang memungut bayaran dalam pelaksanaan ujian paket setara SMA dan SMK ini.

Peserta ujian paket c sebelumnya sudah melalui pendidikan di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang tersebar di setiap kecamatan. Untuk tahun ini, karena tak ada siswa yang tidak lulus pada ujian nasional (UN) 2012, maka peserta paket c tidak diwarnai kalangan siswa yang tidak lulus UN. “Semuanya berasal dari PKBM,” kata Aan kepada Radar Bogor (Grup JPNN).

Layaknya ujian reguler, ujian paket c digelar sesuai mekanisme ujian nasional. Hanya, tidak ada tim pemantau independen yang ikut mengawasi berjalannya ujian. Sedangkan mata pelajaran yang diujikan disesuaikan dengan jurusan masing-masing, baik IPA, IPS maupun kejuruan. Setiap kelasnya akan diisi oleh 20 peserta dengan dua oguru pengawas.

BOGOR -- Sedikitnya 1.360 orang akan mengikuti ujian paket c yang digelar secara serentak di Kota Bogor, 9 hingga 12 Juni mendatang. Lokasi ujian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News