Jumat, 17 Agustus 2018 – 16:49 WIB

Ulang Tahun Obama jadi Hari Libur Resmi

Senin, 06 Agustus 2018 – 16:32 WIB
Ulang Tahun Obama jadi Hari Libur Resmi - JPNN.COM

Negara Bagian Illinois, Amerika Serikat (AS), punya kado istimewa untuk Barack Obama. Tepat di hari ulang tahun ke-57 mantan presiden itu, pemerintah setempat mendeklarasikan Barack Obama Day.

Mulai tahun ini 4 Agustus menjadi hari libur di sana. Namun, karena bukan hari libur resmi layaknya libur nasional yang lain, kantor-kantor di Illinois tetap buka.

''Penduduk Illinois bangga sang (mantan) presiden berasal dari sini. Itu luar biasa. Saya rasa kita harus merayakannya,'' ujar Gubernur Illinois Bruce Rauner sebagaimana dilansir Fox News, Minggu (5/8).

Barack Obama Day menjadi cara Illinois untuk menghormati suami Michelle tersebut. Sebab, dia telah mendedikasikan hidupnya untuk rakyat. Khususnya menjamin dan melindungi hak warga sipil serta membangun jembatan antarkomunitas.

Tahun lalu parlemen Illinois sempat menentang penetapan Barack Obama Day. Gara-garanya, sekolah-sekolah dan kantor-kantor diusulkan untuk libur. Jika hal itu dilakukan, pemerintah harus tetap membayar gaji PNS yang diliburkan.

Akhirnya, disepakati bahwa hari istimewa bapak dua anak itu menjadi hari libur tidak resmi. Artinya, tidak ada kewajiban untuk libur.

Selain Obama, mantan presiden lain yang punya hari istimewa adalah Ronald Reagan. Tiap 6 Februari masyarakat Illinois, California, and Wisconsin merayakan Ronald Reagan Day sebagai bentuk penghormatan kepada mantan presiden yang tutup usia pada 5 Juni 2004 itu. (sha/c15/hep)

Good to Know

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar