Umat Hindu Rayakan Saraswati

Umat Hindu Rayakan Saraswati
Umat Hindu Rayakan Saraswati
JAKARTA - Umat Hindu Jakarta merayakan Hari Raya Saraswati. Hari yang diperingati setiap 210 hari tahun Isaka. Perayaan dilakukan di Pura Aditya Jaya, Rawamangun Jakarta Timur. "Peringatan Saraswati sebenarnya bisa dilakukan di Pura, dan rumah keluarga. Karena Saraswati diyakini oleh Umat Hindu sebagai manifestasinya Tuhan yang Maha Esa dalam fungsinya sebagai Ilmu Pengetahuan,'' kata pembimas Agama Hindu Kanwil Departemen Agama DKI Jakarta, I Gede Jasman kepada wartawan di Jakarta, Minggu (2/8).

Menurut Gede Jasman, di India umat Hindu mewujudkan Dewi Saraswati sebagai dewi yang amat cantik bertangan empat yang memegang wina (alat musik), kropak (pustaka), ganitri (japa mala) dan bunga teratai."Dewi Saraswati dilukiskan berada di atas angsa dan di sebelahnya ada burung merak. Oleh umat di India dipuja dalam wujud Murti Puja, sedangkan Umat Hindu di Indonesia memuja Dewi Saraswati dalam wujud "rerahinan"  atau hari raya suci," jelasnya.

Pada hari yang suci itu, kata Gede Djasman,  semua pustaka terutama Weda dan sastra-sastra agama dikumpulkan sebagai lambang stana pemujaan Dewi Saraswati.Di tempat pustaka yang telah ditata rapi dihaturkan upacara sesajen Saraswati. Menurut keterangan "lontar Sundarigama" tentang Brata Saraswati, pemujaan Dewi Saraswati harus dilakukan pada pagi hari atau tengah hari.

Dari pagi sampai tengah hari tidak diperkenankan membaca dan menulis terutama yang menyangkut ajaran Weda dan sastranya."Bagi yang melaksanakan Brata Saraswati dengan penuh, tidak membaca dan menulis itu dilakukan selama 24 jam penuh. Sedangkan bagi yang melaksanakan dengan biasa, setelah tengah hari dapat membaca dan menulis. Bahkan di malam hari dianjurkan melakukan malam sastra dan sambang samadhi," kata I Gede Jaman .(aj/jpnn)

JAKARTA - Umat Hindu Jakarta merayakan Hari Raya Saraswati. Hari yang diperingati setiap 210 hari tahun Isaka. Perayaan dilakukan di Pura Aditya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News