UMKM Binaan Aruna Ramaikan Fish Market Banyuwangi 2023, Ada Mahfud MD & MenPAN-RB

UMKM Binaan Aruna Ramaikan Fish Market Banyuwangi 2023, Ada Mahfud MD & MenPAN-RB
UMKM binaan Aruna ikut meramaikan Festival Fish Market Banyuwangi 2023 yang diselenggarakan di Kampung Mandar. Foto dok. dokumentasi Aruna

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi kembali mengundang Aruna berpartisipasi dalam kegiatan tahunan Festival Fish Market Banyuwangi.

Dalam festival yang dilaksanakan pada 31 Juli sampai 1 Agustus di Kampung Mandar ini, Aruna melalui Yayasan Maritim Nusantara Lestari memperkenalkan produk olahan perikanan dari UMKM binaan seperti abon ikan, pindang ikan, dan juga aneka varian sambal.

Kegiatan Fish Market 2023 dibuka oleh Bupati Banyuwangi Ipuk fiestiandani turut dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas serta Menko Polhukam Mahfud MD.

"Kegiatan rutin tahunan ini diselenggarakan untuk mendorong kesadaran masyarakat lokal agar gemar makan ikan serta menggerakkan roda ekonomi masyarakat setempat," kata Bupati Ipuk dalam sambutannya dikutip dari siaran pers diterima di Jakarta, Kamis (3/8).

Dia menyampaikan Festival Fish Market ini menjadi kegiatan rutin untuk mengembangkan geliat ekonomi masyarakat lokal.

Kampung Mandar dahulunya tidak memiliki potensi ekonomi, masyarakat hanya menjual ikan segar. Namun sejak CSR pertama masuk dari PLN, masyarakat sudah bisa mengolah ikan menjadi produk bernilai tambah, dan sekarang Kampung Mandar telah menjadi pusat kuliner ikan di Banyuwangi.

Fokus pemerintah Kabupaten Banyuwangi sejalan dengan kampanye yang terus Aruna gaungkan tentang #RevolusiProtein yang bertujuan mengedukasi dan mengajak masyarakat Indonesia untuk konsumsi produk perikanan nelayan lokal.

Sebanyak 3 kelompok UMKM binaan Aruna, berada di bawah naungan Yayasan Maritim Nusantara Lestari terdiri dari keluarga nelayan Aruna di wilayah Kampung Mandar.

UMKM binaan Aruna ikut meramaikan Fish Market Banyuwangi 2023 yang dihadiri Menko Polhukam Mahfud MD & MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News