UMKM Mak-mak for Sandi Depok Bantu Warga Tingkatkan Perekonomian

UMKM Mak-mak for Sandi Depok Bantu Warga Tingkatkan Perekonomian
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto humas Kemenparekraf

jpnn.com, DEPOK - Peserta yang tergabung dalam UMKM Mak-mak For Sandi Depok menggelar pelatihan pembuatan produk minuman olahan kopi jenis Arabica dan Robusta.

Pelatihan ini digelar di Rumah makan lesehan pondok laras, Depok, Jawa Barat.

Ketua UMKM Mak-mak for Sandi Depok, Karolin mengatakan, pelatihan yang diberikan kepada sukarelawan ini bertujuan untuk meningkatkan hard skill pelaku UMKM dalam berwirausaha.

Terlebih, minuman kopi mempunyai nilai ekonomis yang tinggi untuk dijual, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha.

"Dengan adanya pelatihan ini membuka peluang baru untuk usaha, sehingga dapat membuka pekerjaan baru sekaligus meningkatkan pendapatan," ujar Karolin saat ditemui di lokasi, Sabtu (27/8).

Secara mekanisme, dia memaparkan, nantinya para peserta akan diberikan beberapa pendampingan bisnis, mulai dari proses produksi hingga pemasaran baik online maupun offline.

Metode ini dilakukan agar mereka mendapat pangsa pasar yang ideal dan siap untuk membuka usaha.

"Acara selanjutnya setelah pelatihan, kami mengarahkan mak-mak untuk membimbing sampai benar-benar usahanya berjalan," tegasnya.

Dengan adanya pelatihan ini membuka peluang baru untuk usaha, sehingga dapat membuka pekerjaan baru sekaligus meningkatkan pendapatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News