UMKM Sahabat SandiUno Gandeng Shopee Beri Pelatihan Cara Ekspor Produk

UMKM Sahabat SandiUno Gandeng Shopee Beri Pelatihan Cara Ekspor Produk
Pelatihan cara ekspor produk yang diadakan UMKM Sahabat SandiUno di Makassar. Dok: sukarelawan Sandiaga.

jpnn.com, MAKASSAR - Sukarelawan Sandiaga Uno menggandeng Kampus UMKM Shopee Makassar menggelar program pelatihan bertemakan "Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri" untuk startup di Sulawesi Selatan.

Perwujudan kolaborasi itu berkomitmen dalam mendorong UMKM naik kelas dan mendukung jadi transformasi digitalisasi terbesar dan tercepat.

Ketua UMKM Sahabat Sandi Makassar Ethy Wirdaningsih mengatakan UMKM akan diajarkan bagaimana membuka toko online sampai mengakses pasar global.

Dikarenakan program seperti ini membuka ruang untuk pelaku usaha agar bisa berkembang dengan menambah wawasan di bisnis digital.

"Kegiatan ini bekerja sama dengan Kampus UMKM Shopee agar produk-produk unggulan di Sulawesi Selatan dapat ekspor keluar negeri tanpa ribet dan biaya ditanggung oleh buyer," ujar dia di Kampus UMKM Shopee Makassar, Jumat (28/7).

Menurut Ethy, program kolaborasi ini diharapkan produk-produk UMKM Sulawesi Selatan dapat go internasional.

Dia pun menambahkan para pelaku usaha dapat meningkatkan income dengan membuka toko online.

"Pelatihan-pelatihan ini diadakan bagi para pelaku UMKM dari yang pemula untuk membuka toko sampai bisa ekspor ke macam-macam negara. Setelah kegiatan berharap ada yang produk UMKM Sulawesi Selatan ada yang berhasil go internasional," ungkap Ethy.

Sukarelawan UMKM Sahabat Sandi bekerja sama dengan Shopee untuk melatih cara ekspor produk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News