UNBK Dikawal Lemsaneg, Jadi Seperti Apa, Ya?

UNBK Dikawal Lemsaneg, Jadi Seperti Apa, Ya?
Mendikbud Muhadjir Effendy (kiri) dan Kepala Lemsaneg Djoko Setiadi. Foto: Humas Kemendikbud for JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) menjadi perhatian Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

Dalam perjanjian kerja sama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, pengamanan UNBK menjadi salah satu fokus  Lemsaneg.

Menurut ‎Kepala Lemsaneg Djoko Setiadi, yang menjadi perhatian bersama adalah adanya aspek teknologi yang dimanfaatkan secara penuh untuk keperluan UN.

Lemsaneg berharap bisa ikut memberikan kontribusi dalam mengawal pelaksanaan UNBK, khususnya dalam konteks pengamanan informasi.

“Lemsaneg menyambut baik adanya MoU ini, dan sudah menjadi tekad kami untuk melaksanakan pengamanan informasi secepat-cepatnya, setepat-tepatnya, dan semaksimal mungkin,” tegas Djoko di Kantor Kemendikbud, Selasa (7/3).

Dia mengakui peran strategis Kemendikbud dalam menyelenggarakan urusan pendidikan dan kebudayaan untuk mencerdaskan generasi muda Indonesia.

Penggunaan TIK dinilai sangat tepat dalam sistem pendidikan nasional yang digunakan Kemendikbud.

“Hal ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan pendidikan. Kemendikbud menyadari betapa pentingnya tindakan pengamanan informasi, seperti dalam pengamanan ujian nasional. Hal ini terlihat dengan dilaksanakannya MoU ini sebagai dukungan persandian dalam UNBK 2017,” jelasnya. (esy/jpnn)


Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) menjadi perhatian Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News