Ungkap Motif Ratusan Kada Terseret Korupsi

Ungkap Motif Ratusan Kada Terseret Korupsi
Ungkap Motif Ratusan Kada Terseret Korupsi
JAKARTA - DPR RI menyoroti semakin banyaknya kepala daerah yang menjadi pesakitan karena kasus korupsi. Ketua DPR RI, Marzuki Alie, meminta adanya pengungkapan tentang motif yang melatar belakangi para kepala daerah sehingga sampai melakukan korupsi.

Saat berpidato pada pembukaan Masa Sidang III DPR 2010, Senin (22/11), Marzuki mengungkapkan, sejak reformasi sudah 150 lebih kepala daerah baik bupati, walikota maupun gubernur yang bermasalah karena kasus korupsi. Menurut Marzuki, perlu dikaji faktor-faktor yang mengakibatkan fenomena itu. "Mengingat tidak semua kasus korupsi dilatarbelakangi motif yang sama," ucap Marzuki.

Namun demikian Marzuki tak menampik jika mahalnya biaya politik untuk menjadi kepala daerah menjadi salah satu pemicu. "Beberapa faktor mungkin didorong biaya politik yang tinggi," ucapnya.

Meski bigitu Marzuki juga melihat adanya faktor lain sehingga banyak kepala daerah tersangkut kasus korupsi. "Bisa juga akibat kurangnya pemahaman terhadap aturan penganggaran," sebutnya.

JAKARTA - DPR RI menyoroti semakin banyaknya kepala daerah yang menjadi pesakitan karena kasus korupsi. Ketua DPR RI, Marzuki Alie, meminta adanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News