Ungkap Teror ke Novel Baswedan, Kapolri Bentuk Tim Gabungan

Ungkap Teror ke Novel Baswedan, Kapolri Bentuk Tim Gabungan
Novel Baswedan saat tiba di KPK, Jakarta, Kamis (22/2). Foto: ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan membentuk tim gabungan untuk mengungkap pelaku penyiraman air keras kepada Novel Baswedan. Pembentukan tim itu dituangkan dalam surat bernomor Sgas/3/I/Huk.6.6./2019 bertanggal 8 Januari 2019 yang ditandatangani Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Polri melibatkan sejumlah petingginya dalam tim gabungan itu. Bahkan, Kapolri menjadi penanggung jawab tim itu.

Selanjutnya ada Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto yang menjadi wakil penanggung jawab. Merujuk surat itu, Tito menunjuk Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz sebagai ketua tim gabungan.

Pembentukan tim itu dituangkan dalam surat bernomor Sgas/3/I/Huk.6.6./2019 bertanggal 8 Januari 2019 yang ditandatangani Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu menjadi penanggung jawab tim gabungan tersebut.

Sejumlah petinggi Mabes Polri ditugasi untuk memberikan asistensi. Antara lain Irwasum Komjen Putut Eko Bayuseno, Kabareskrim Komjen Arief Sulistyanto, dan Kadiv Propam Irjen Listyo Sigit Prabowo.

Merujuk surat itu, Tito menunjuk Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz sebagai ketua tim gabungan. Wakilnya adalah Karobinops Bareskrim Polri Brigjen Nico Afinta.

Tim itu juga melibatkan Brigjen Wahyu Diningrat selaku Kasubdit Analisis dan Evaluasi dan Irjen Mohammad Iqbal sebagai Kasubdit Humas. Selanjutnya, ada Kombes Slamet Uliandi yang ditugasi sebagai Kasubdit Analis/IT, Kombes Roycke Harry Langie (Kasubdit Penyidikan), AKBP Herry Raymond Siagian (Kasubdit Penyelidikan), dan AKBP Jaya Putra (Kasubdit Bantuan Teknis).

Tim bentukan Kapolri itu juga melibatkan lima penyidik KPK. Selain itu, ada tujuh orang sebagai pakar, di antaranya mantan Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji, peneliti LIPI Hermawan Sulistyo, mantan Ketua Umum Ikatan Sarjana Hukum Indonesia Amzulian Rifai, Ketua Setara Institut Hendardi, Komisioner Kompolnas Poengky Indarti, dan dua mantan komisioner Komnas HAM Nur Kholis serta Ifdhal Kasim.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian membentuk tim khusus yang melibatkan KPK dan unsur luar untuk mengusut kasus penyiraman air keras kepada Novel Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News