Universitas Terbuka Jadi PT dengan Mahasiswa Terbanyak, Lonjakannya Fantastis

Universitas Terbuka Jadi PT dengan Mahasiswa Terbanyak, Lonjakannya Fantastis
Ilustrasi - Wisuda IIQ Jakarta ke-23 digelar secara luring di Gedung Universitas Terbuka Convention Center, Tangerang Selatan, Banten Kamis (15/9/2022). Foto: IIQ Jakarta.

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) menjadi perguruan tinggi terbanyak mahasiswanya. Hingga saat ini tercatat jumlah mahasiswa UT sebanyak 412.041.

Selain itu, dari total mahasiswa yang melakukan registrasi di semester kedua tahun 2022, jumlah mahasiswa baru meningkat lebih dari 100% dibanding semester sebelumnya.

"Peningkatan yang sangat signifikan ini merupakan pertama kali, setidaknya dalam 10 tahun terakhir," kata Rektor UT Prof Ojat Darojat dalam siaran pers, Jumat (23/9).

Di tengah makin banyaknya perguruan tinggi yang menawarkan pembelajaran daring, lanjut Prof Ojat bertambahnya jumlah mahasiswa baru ini menunjukkan bahwa UT tetap menjadi pilihan utama bagi mereka yang menghendaki kuliah jarak jauh dan daring.

Pertambahan jumlah mahasiswa ini juga tidak lepas dari edukasi publik yang sangat masif yang dilakukan UT Pusat dan seluruh UPBJJ-UT. 

"Masyarakat makin memahami bahwa UT telah sangat siap dengan online pedagogi yang didukung oleh layanan bantuan belajar yang sangat mumpuni," terangnya.

Selain itu, komposisi mahasiswa berdasarkan usia juga menunjukkan perubahan yang sangat signifikan. Saat ini, hampir 70% mahasiswa UT berusia di bawah 30 tahun. Komposisi ini berbanding terbalik dengan keadaan 10 tahun ke belakang.

Perubahan ini mencerminkan bahwa masyarakat muda usia semakin memahami dan membutuhkan perkuliahan yang fleksibel dan berbasis teknologi. Sebagai informasi, 87% mahasiswa UT sudah bekerja yang tentu memerlukan kuliah yang sesuai dengan waktu mereka.

Universitas Terbuka jadi perguruan tinggi yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak. Ada peningkatan sangat signifikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News